Siapkan Pemimpin Ideal, KMBY Adakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan.

Yogyakarta-kmby.org, KMBY (Keluarga Mahasiswa Bangkalan Yogyakarta) mengadakan pelatihan dasar kepemimpinan dan managemen organisasi bersama para kader Bangkalan yang ada di Yogyakarta, pada hari minggu (04/11/18), pukul 15. 00 WIB, di Cafe Gibol Sorowajan, Bantul, Yogyakarta.

Acara ini adalah seri lanjutan dari diskusi hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018 lalu yang diisi dengan diskusi kebudayaan daerah. Maka hari ini sebagai reaksi terhadap kondisi kebudayaan yang ada di daerah, KMBY berusaha membentuk pemuda yang  berkarakter pemimpin yang ideal.
” Kita pada tanggal 28 kemarin sudah mendiskusikan tentang daerah kita, khususnya kebudayaan yang mulai terkikis, maka di sini KMBY perlu kiranya untuk mempersiapkan pemuda yang ideal untuk memimpin di masa depan nanti, baik dalam sekala organisasi atau lebih luas lagi seperti di daerah. Tapi masalahnya, pemimpin yang seperti apa yang kita harapkan untuk saat ini? .” Ungkap Ahmad Syarifuddin.

Menurut pemateri sendiri, Abd. Hakim,. S.H, pemimpin yang ideal ialah pemimpin yang lahir dari rahim rakyat. Pemimpin yang lahir dari rahim rakyat akan menjadi pemimpin yang kuat, mampu memahami emosional rakyat, dan bisa menjawab apa yang digelisahkan oleh rakyat. Karena sebelum memimpin, ia sudah berbaur dan berdinamika bersama rakyat.
” Bila boleh saya mengutip perkataan Tan Malaka, terbenturlah… Terbenturlah… Terbenturlah … Maka kemudian terbentuk.” Jelasnya

Abd. Hakim juga mengungkapkan, bahwa, corak pemimpin hari ini menurutnya mengalami pergeseran.  Dulu pemimpin yang sangat disukai rakyat adalah pemimpin yang elitis. Namun sekarang pemimpin yang laku adalah pemimpin yang  bisa merakyat dan egaliter.
” Itu corak kepemimpinan yang disukai oleh rakyat di era Millenium ke tiga ini.” Imbuhnya. [S]

Report. Salim S Shabir

Tinggalkan Balasan